Friday, June 22, 2018

hipnotis demi pendidikan

hipnotis demi pendidikan
sedikit terbukti bahwa memiliki kemampuan menghipnotis tidak banyak bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam penggunaannya dalam koridor positif bukan untuk tujuan melanggar hukum. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari hipnosis adalah sebagai terapi atau hipnoterapi juga disebut sebagai bentuk aktivitas terapeutik pada pikiran seseorang dengan cara hipnosis. Cara kerja hipnotis itu sendiri cukup efektif karena bekerja di bawah sadar manusia. Hipnosis diyakini memiliki pengaruh pada konstriksi seseorang sebesar 88% pada fungsi otak dan juga pada semua anggota tubuh.

Orang yang terhipnotis akan dibuat merasa nyaman tanpa beban untuk dieksplorasi oleh alam bawah sadarnya dalam upaya untuk menanamkan sebuah saran atau pengaruh. Jadi anggapan bahwa orang telah salah berpikir bahwa orang yang terhipnotis tertidur, tidak dapat mendengar suara, tidak dapat bergerak atau berbicara. Karena cara kerja hipnotis yang memusatkan pikiran pada alam bawah sadar.

Belakangan ini maraknya adalah penggunaan hipnosis demi pendidikan. Hipnosis kini banyak digunakan oleh sejumlah orang untuk berbagai keperluan dan salah satunya adalah hipnosis demi pendidikan. Dipercaya bahwa hipnosis membantu siswa untuk belajar.

Sebelum proses belajar mengejar kemajuan, harus dipersiapkan terlebih dahulu konsep dan segala macam persyaratan. Keberhasilan belajar untuk mengejar juga tergantung pada keadaan emosi dari pelakunya di mana emosi cenderung tidak stabil akan memberikan efek buruk nantinya. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya kemauan untuk mengikuti proses pendidikan, memahami pelajaran, trauma masa lalu, perasaan terisolasi dan penghinaan, dan sebagainya. Selain itu, proses belajar juga bisa disebabkan oleh kurangnya kepercayaan diri dan notivasi untuk belajar.

Oleh karena itu, dalam hal ini hipnosis memiliki peran dalam membuang semua emosi negatif, meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan motivasi untuk semangat mengikuti proses pembelajaran. Hipnosis demi pendidikan dapat diimplementasikan mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Guru dan dosen dapat menerapkan hipnosis ini kepada peserta didik agar lebih mudah menyerap pengetahuan yang mereka sampaikan.

Namun perlu diingat, itu adalah bantuan hipnosis tetapi tidak bisa membuat siswa langsung pintar langsung, masih perlu belajar keras. Hipnosis di sini dapat membantu dalam mepersiapkan proses belajar yang mengaja sehingga lebih fokus dengan arah yang jelas dan untuk meningkatkan kepercayaan dan motivasi belajar.
referensi:
https://terhipnotis.wordpress.com/2018/06/10/hipnotisme-mengapa-mempelajarinya/
https://terhipnotis.wordpress.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Hipnoterapi

No comments:

Post a Comment